Selasa, 06 Juni 2017

Hubungan Manajemen Pemasaran dan Akutansi yang bikin penasaran


HUBUNGAN MANAJEMEN PEMASARAN DAN AKUNTANSI

Di blong saya kali ini, saya akan menjelaskan apa hubungan Manajemen Pemasaran dan Akuntansi yang bisa bikin kalian penasaran, langsung saja kita mulai membahas kedua materi tersebut.
Pertama - tama kita harus mengerti terlebih dahulu kedua pengertian materi yang akan kita bahas yaitu manajemen pemasaran dan akutansi, berikut pengertiannya dan penjelasannya.


Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran adalah merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba.

Penjelasannya : Manajemen pemasaran sangatlah di perlukan di dalam kelangsungan kemajuan perusahaan, bisa di bilang juga senjata untuk memperoleh laba yang sangat banyak bagi suatu perusahaan, dengan demikian peran manejemen pemasaran sangat lah penting sebagai pengenalan hasil dari usaha suatu perusahaan, agar ntinya dapat di kenali oleh perusahaan lain ataupun konsumen hasilnya, jika suatu perusahaan ingin memperoleh laba yang besar melalui manajemen pemasaran, maka perusahaan harus pandai dalam memilih peran pemasar.

PENGERTIAN AKUNTANSI

Menurut Wikipedia, pengertian akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai "bahasa bisnis"
Penjelasannya : Akuntansi merupakan hal yang sangat penting juga selain manjemen pemasaran tadi, keduanya sangat berpengaruh di dalam suatu perusahaan. Akuntansi memiliki peran sangat besar dalam perhitungan dan kebenaran suatu transaksi, oleh karena itu jika seorang akutan tidak dapat memberikan informasi keuangan yang benar di perusahaan maka perusahaan tersebut akan sulit berkembang dalam aktivitas pengelolaan keuangan.

  • Berikutnya kita mulai masuk pada hal-hal yang perlu kita pahami dalam Manajemen Pemasaran dan Akutansi


MANAJEMEN PEMASARAN
Elemen Penting dalam Konsep Pemasaran:
·                     Market oriented berorientasi pada keinginan Konsumen
·                     Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu
·                     Pencapaian tingkat kepuasan Konsumen

  • Konsep Manajemen pada hakikatnya mencakup upaya dan strategi yang ditempuh manajemen dalam rangka untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen.

Beberapa istilah yang sangat penting dalam konteks pemasaran 

1.                  Produk
2.                  Nilai
3.                  Biaya
4.                  Kepuasan
5.                  Pasar

 

Perencanaan Strategi Pemasaran

 

Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) adalah proses menentukan target pasar dengan strategi bauran pemasaran yang terkait dimana:
  • 1.                  Target Market; adalah sekelompok pelanggan homogen atau pasar yang ingin dilayani permintaannya oleh perusahaan.
  • 2.                  Bauran Pemasaran (Marketing Mix); adalah variabel-variabel yang disusun oleh perusahaan dalam rangka untuk memuaskan target market tersebut.

  • AKUNTANSI

Akuntansi memiliki 3 kegiatan atau aktivitas utama, antara lain :

  1. Aktivitas Identifikasi (Identification), aktivitas untuk mengidentifikasikan transaksi-transaksi ataupun arus keuangan yang terjadi dalam perusahaan.
  2. Aktivitas Pencatatan, setelah transaksi-transaksi diidentifikasikan kemudian transaksi-transaksi tersebut dicatat dalam bentuk laporan keuangan
  3. Aktivitas Komunikasi (Communication), setelah transaksi-transaksi diidentifikasi dan dicatat maka langkah selanjutnya adalah mengkomunikasikan hasil catatan tadi kepada pihak-pihak yang membutuhkan laporan informasi komunikasi, baik dari pihak internal ataupun eksternal perusahaan

Jenis-Jenis atau Bidang-Bidang Akuntansi

Setelah Mengetahui definisi akuntansi dan aktivitasnya, sekarang kita akan membahas jenis-jenis akuntansi yang ada. Sama seperti manajemen akuntansipun juga memiliki bidang-bidang spesialisasinya, antara lain :

  1. Akuntansi Keuangan 
  2. Akuntansi Manajemen 
  3. Akuntansi Biaya 
  4. Akuntansi Pajak
  5. Akuntansi Pemeriksaan 
  6. Akuntansi Anggaran
  7. Akuntansi Pemerintahan 
  8. Akuntansi Pendidikan 
  9. Sistem Akuntansi .
  10. Akuntansi Internasional 


Dari penjelasan diatas dapat di simpulkan bahwa hubungan Manajemen Pemasaran dan Akutansi adalah sama – sama di butuhkan di dalam perusahaan demi kemajuan perusahaan, ketika suatu perusahaan ingin berkembang dan maju sangat di butuhkan manajemen pemasaran yang handal dalam pemasaran dan memiliki perencanaan yang kreatif untuk mendapatkan laba yang sangat besar , tentunya pelaku manajemen pemasaran harus dapat memuaskan konsumen dan bersaing dengan era yang terus berkembang di dalam pemasaran, dan ketika manajemen pemasaran dapat dijalan dengan baik maka perusahaan akan mendapatkan  laba dan keuntungan yang di ingikan perusahaan. Dan ntinya laba yang di peroleh akan di kelola oleh bagian keuangan termasuk seorang akutan, yang tugasnya adalah menyampaikan informasi keuangan dan aktifitas keuangan secara benar dan teliti, dengan demikian perusahaan tersebut akan berkembang dan para investor dan otoritas pajak termasuk manajer akan di permudahkan dalam penganturan keuangan hasil dari pemasaran.








Sumber ;

https://id.wikipedia.org/wiki/Akuntansi
http://nichonotes.blogspot.co.id/2015/02/manajemen-pemasaran.html
http://www.kembar.pro/2015/05/manajemen-pemasaran-konsep-orientasi.html





http://www.studibisnis.com/

Nama : Galang Samudra
Npm  :  1610110298 / kls SAX2



Tidak ada komentar:

Posting Komentar